Junjung Transparansi, Desa Cibugel dan Buanamekar Pasang Info Grafik Sosialisasi APBDesa

Sejak sebulan terakhir InfografikAPBDesamulai terpasang di depan kantor Desa masing-masing. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk transparansi pengelolaan Kegiatan dankeuangan desa, dalam hal ini APBDes, kepada masyarakat.

Adalah Desa Cibugel dan Desa Buanamekar, salah satu dari sejumlah desa di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedangyang Info GrafikAPBDes-nya dantelah terpasang. Dalam InfografikAPBDes yang terpasang di depan kantor desa tersebut dimuat informasi soal kegiatan danbesaran dan sumber pendapatan, belanja, dan pembiayaan desa dalam tahun 2017.



Menurut  Kades Buanamekar ( Nono Rusyana )pemasangan InfografisAPBDes ini dilakukan atas dasar azas dan prinsip Keuangan Desa. Selain itu Pemerintah Desa Buanamekar juga telah melaksanakan sosialisasi APBDesa melalui Musyawarah Dusun yang baru-baru ini dilaksanakan pada tanggal 26 April 2017.


Secara terpisah Kades Cibugel ( Rusman )  memaparkan dalam Infografik yang dipasang tersebut pihaknya mencantumkan informasi mengenai sumber pendapatan desa, diantaranya dari Pendapatan Asli Desa ( PADesa ) Dana Bagi hasil ( DBH ) Pajak dan Retribusi Daerah, Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) maupun Bantuan Keuangan Khusus (Bankeu Prov). Juga selain pemasangan Infografis APBDesa tersebut, Pemerintah Desa Cibugel telah mensosialisasikan beberapa kegiatan yang akan dikerjakan dan di danai dari APBDesa melalui Musyawarah Desa.

"Tujuannya supaya masyarakat bisa tahu sejauh mana pengelolaankegiatan dananggaran di desa. Ini sebagai wujud transparansi ( Brukbrak )kepada masyarakat," paparnya.

Dikarenakan APBDes berlaku selama setahun maka tentunya Infografik tersebut akan terus diperbaharui setiap tahunnya.


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post