Kecamatan Cibugel Beri Pembinaan ke Aparatur Desa


Pembinaan kepada aparatur desa perlu dilakukan, agar aparatur desa mengetahui fungsi dan tanggungjawabnya masing-masing. Hal itu dikatakan oleh Camat Cibugel Kardiat, S.Pd, M.MPd. pada kegiatan Pembinaan Administrasi Desa tingkat Kecamatan Cibugel, Selasa (09/05/2017).


 “Tujuan pembinaan administrasi pada aparatur desa itu untuk menjelaskan fungsi masing-masing bidang serta tanggungjawabnya. Hal ini berkaitan dengan garis koordinasi dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujar Sekretaris Kecamatan Dadang Sundara, SP selaku Pemandu/Pemateri pada kegiatan tersebut.

Ia pun berharap pembinaan tersebut dapat memberikan akurasi pelayanan kepada masyarakat oleh aparatur desa. “Jangan sampai tidak sesuai dengan fungsinya masing-masing,” harapnya.
Sementara itu, Pendamping Lokal Desa Asep S Jazuli mengatakan, aparatur desa juga harus selalu aktif  mengikuti perkembangan mengenai peraturan menyangkut desa dengan memanfaatkan media online seperti Web/ Blog yang banyak menyediakan tentang hal itu atau langsung bisa menghubungi bagian hukum Setda Kabupaten Sumedang. Sebab, kata dia, banyaknya peraturan yang berubah.

Ketua APDESI Kecamatan Cibugel Rusman mengatakan, pihaknya membutuhkan masukan semua pihak dalam mengelola administrasi desa. Apalagi, kata dia, ada sebagian aparatur desa adalah orang baru.

“Jadi masih perlu penyesuaian dengan peraturan-peraturan terbaru. Untuk itu kami selalu berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait agar kebijakan yang dilaksanakan tidak melanggar aturan yang ada,” katanya.
Ia pun berharap, dengan adanya pembinaan tersebut bisa memberikan manfaat bagi aparatur Desa se Kecamatan Cibugel. “Mudah-mudahan setelah pembinaan ini, aparatur pemerintah desa bisa lebih memahami akan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, agar pelayanan publik di desa lebih optimal ” tandasnya.

Admin.

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post