DESA ON LINE


Desa Online merupakan salah satu Nawa Kerja Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang bertujuan agar desa-desa yang ada di Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi untuk mempermudah arus informasi masyarakat di perdesaan melalui akses internet.
Aplikasi Desa Online ini juga merupakan penjabaran dari agenda prioritas pembangunan yang ketiga dalam konsep Nawa Cita Presiden dan Wakil Presiden, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Aplikasi Desa Online yang dibangun dan diresmikan pada tahun 2015 merupakan aplikasi berbasis web yang menjadi gerbang untuk masuk ke masing-masing website Desa Online. Portal Desa Online berisi peta sebaran website desa online, konten agregasi kegiatan desa, dan konten agregasi produk unggulan desa.
Melalui desa online diharapkan dapat menjadi paguyuban seluruh desa yang sudah tergabung dalam portal desa online. Website Desa Online menampilkan informasi mengenai desa dan konten yang ditampilkan meliputi profil desa, kegiatan desa, produk unggulan desa, peta desa, statistik desa, perundangan desa, dan juga dapat menginformasikan kegiatan pemanfaatan penggunaan dana desa. Selain itu desa juga dapat mempromosikan produk atau potensi yang terdapat pada desa tersebut sehingga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa.
Saat ini sudah ada modul resmi yang dirilis oleh Team Desa Online dalam rangka pelatihan Aplikasi Desa Online. Modul pelatihan Aplikasi Desa Online dimaksudkan untuk membekali peserta dalam mengoperasionalkan Aplikasi Desa Online yang meliputi konten Profil Desa, Kegiatan Desa, Produk Unggulan, Perundangan Desa, dan Statistik. Metode Pembelajaran dilaksanakan secara interaktif melalui pemaparan materi, tanya jawab dan praktik. Keberhasilan pelatihan dinilai dari kemampuan peserta dalam mengoperasionalkan Aplikasi Desa Online. Pedoman ini dibuat agar dapat dipedomani oleh pengelola dan penyelenggara pelatihan desa online. Apabila ada hal-hal yang belum diatur dalam pedoman ini, akan diatur lebih lanjut atau pedoman ini akan disesuaikan.
Kami telah menyediakan modul-modul untuk pembelajaran yang bisa diunduh pada link dibawah ini :



Sumber : desa.kemendesa.go.id
Tulisan ini dikutip ulang untuk kepentingan penyebaran informasi, pengetahuan, dan pendampingan desa.

Admin***

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post