FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Pemuda Penggerak Desa


“Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti juga, anak-anak yang tidak terdidik di Republik ini adalah “dosa” setiap orang terdidik yang dimiliki di Republik ini” – Anies Baswedan. Pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak terutama kaum terdidik. Beranjak dari keyakinan tersebut, Dinas Pendidikan Halmahera Selatan, mengajak kaum-kaum terdidik Halmahera Selatan turut bekerjasama mencerdaskan anak Halmahera Selatan, melalui Gerakan Pemuda Penggerak Desa- Gerakan Desa Cerdas.

Gerakan Desa Cerdas merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Selatan untuk mewujudkan impian menjadi kabupaten percontohan dalam bidang pendidikan pada Tahun 2015. Gerakan Desa Cerdas mengirimkan pemuda terbaik Maluku Utara sebagai Pemuda Penggerak Desa ke berbagai desa yang berada di Kabupaten Halmahera Selatan yang bertugas menjadi guru selama satu tahun.

Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Mereka hanya dibedakan oleh keadaan”  Anies Baswedan. Seperti anak-anak nusantara yang lainnya, anak-anak Halmahera Selatan juga merupakan anak-anak yang berpotensi. Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya dan tidak ada anak yang bodoh. “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari”. Murid adalah hasil didikan dari seorang guru. Ketersediaan guru yang berkualitas dipercaya akan mendorong potensi yang dimiliki oleh anak-anak di Halmahera Selatan.

“Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat merubah dunia” Soekarno. Pemuda adalah orang-orang yang memiliki potensi keemasan dan dapat menggerakan roda perubahan. Latar belakang ini yang mendorong Gerakan Desa Cerdas-Pemuda Penggerak Desa, memililih  pemuda menjadi aktor penggerak roda perubahan pendidikan di Halmahera Selatan.

Pemuda Penggerak Desa – Gerakan Desa Cerdas diharapkan dapat mengisi kekosongan guru di berbagai desa di penjuru Halmahera Selatan. Selain itu, Pemuda Penggerak Desa juga diharapkan mampu menjadi penggerak komponen pendidikan yang berada di desa penugasan untuk memajukan kualitas pendidikan.

Sumber : https://gerakandesacerdas.wordpress.com/


0/Post a Comment/Comments

73745675015091643