FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Ayo Kita Belajar Tentang Tata Kelola Desa, ada Aplikasi nya Loh !!!





Hai Soooobbbb !!!!! Apa Kabar ? Udah pada ngopi belum ? hehe....

Kali ini Mimin ( baca : admin ) ingin mengajak sahabat-sahabat semua, Bapak/Ibu : Perangkat Kecamatan, Pendamping Desa, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Pegiat Desa, dan Masyarakat Umumnya, untuk menggali lebih jauh pemahanan tentang Tata Kelola Desa sesuai dengan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Dengan cara belajar bersama dengan memanfaatkan laman weblog Insan Desa Institute.

Oh Iyah !!! sedikit gambaran saja Weblog Insan Desa Institute adalah halaman blog yang didirikan oleh Asep Jazuli seorang Pendamping Lokal Desa yang bekerja di wilayah Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang. Tujuan didirikannya blog ini adalah sebagai bahan penyebaran informasi dan ruang referensi tentang Tata Kelola Desa, Pendampingan Desa, dan informasi laiinya yang berkenaan dengan Implementasi undang – undang desa.

Berbagai Modul dan Bahan Belajar Mulai dari Pendampingan Desa, Reportase, Infografis, Multimedia, Download, Perpustakaan Digital, sampai dengan Aplikasi E Tutorial Tata Kelola Desa, coba Mimin ( Admin ) tautkan link di situs ini. Walaupun situs ini masih banyak kekurangan, hosting dan domainnya masih gratisan, dan pengelolaannya masih amatiran, Hehe “, ..... tetapi dengan adanya situs ini semoga mampu memberikan suatu manfaat disisi lain minimal dapat memberikan satu kemudahan bagi saya khususnya dan pembaca pada umumnya untuk mendapatkan bahan-bahan referensi tentang Desa.

Disamping beberapa menu yang disebutkan diatas Mimin ( Admin ) juga tautkan beberapa Link situs terpercaya yang lebih bagus dan profesional, yaitu sebagai berikut :

Berdesa
Berdesa.com diluncurkan pada 2015 lalu. Bermarkas di Yogyakarta, web ini menjadi web yang paling banyak dikunjung orang yang ingin belajar mengenai bagaimana membangun kesejahteraan di desa. Digawangi anak-anak muda Jogja, Berdesa.com adalah web yang dimaksudkan sebagai social education di bawah perusahaan PT Usaha Desa Sejahtera yang mengkhususkan diri sebagai perusahaan sosial memberdayakan ekonomi desa. Dipimpin Mohammad Najib, Berdesa.com berkembang menjadi website acuan bagi para kepala desa dan perangkat desa se-Indonesia. Selain berbagai kabar terbaru mengenai kegiatan Kementerian Desa, kebijakan dan berbagai peristiwa mengenai desa, Berdesa.com juga memapar banyak artikel mengenai ekonomi produktif mulai berbagai ide usaha yang bisa dikembangkan di desa hingga membangun unit usaha bagi Badan Usaha Milik Desa.

Kini Berdesa telah melebarkan sayap dengan membangun Departemen Pelatihan BUMDes dan Swadesa. Swadesa adalah tim khusus yang siap mendampingi desa-desa yang ingin mengembangkan unit usaha seperti minimarket dan lain-lain.

Ruang Desa
Adalah platform web dan aplikasi Android yang menyediakan berbagai informasi bagi orang-orang yang sedang mencari informasi mengenai isu desa. Web ini akan menghubungkan Anda pada pihak yang memiliki otoritas menjawab berbagai informasi yang Anda lontarkan.
Ruang Desa dibentuk oleh tim yang dulu juga mengembangkan Ruang Guru. Meluncur pada 2017 Ruang Desa berkonten utama interaksi tadi dan berbagai tutorial mengenai pemerintahan desa .
Sesuai namanya, platform ini memang dibikin oleh tim yang sama juga mengembangkan Ruang Guru. Diluncurkan awal tahun 2017, platform ini dikelola Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Pengembangannya dibiayai oleh salah satu proyek mitra pembangunan dari Australia. Lembaga yang dibiayai proyek mitra pembangunan dari Australia ini menyodorkan berbagai isu seperti soal APBDesa, regulasi yang dapat disusun aparatur desa. Ruang Desa juga memberikan penjelasan rinci mengenai bagaimana pemerintahan desa menyelenggaraan proses pengadaan barang dan sebagainya.

Gapura Desa
Bisa diakses di www.gapura-desa.id. Website ini berjalan atas dukungan lembaga mitra pembangunan dan dikelola Kementerian Dalam Negeri. Hingga saat ini gapura-desa.id sedang dalam proses penyempurnaan dan belum meluncur tetapi yang pasti gapura-desa.id bakal mengandalkan video tutorial mengenai berbagai urusan desa. Gapura-desa.id ingin mewujud menjadi web yang berisi panduan-panduan bagi desa dalam membangun kesejahteraannya.

Kedesa
Dikembangkan organisasi Pattiro sebuah organisasi nirlaba bermarkas di Jakarta, Kedesa.id mulai meluncur pertama pada 2015 lalu. Pattiro adalah salahsatu lembaga yang dahulu turut menyusun anotasi UU Desa kemudian memunculkan gagasan ingin membangun pusat informasi mengenai semua desa di Indonesia, semacam Wikipedia khusus desa. Ide itulah yang kemudian menjadi menu andalan website ini: wikidesa.
Kedesa tidak hanya memberi informasi tetapi juga menyediakan blog khusus bagi siapapun yang ingin menulis mengenai desa. Kedesa juga membuka diskusi interaktif dengan para pegiat desa di jaringan website-nya.
Demikian beberapa platform website mengenai desa yang bisa Anda jadikan referesi bagi berbagai agenda di desa sahabat-sahabat semua.

Satu lagi, sebelum mimin menutup artikel ini, sekali lagi semoga situs ini bermanfaat, dan dapat membantu sahabat-sahabat semua. Dan mohon doa nya ya !!! semoga mimin dapat rezeki agar dapat membeli hosting dan domain untuk meningkatkan kualitas situs ini menjadi lebih baik.***

“ Ngahiji Ngurus Desa, Pacantel Keur Pangwangunan, Desa Nu Urang, Keur Urang, Kudu Ku Urang Balarea “
Wassalamualaikum Wr Wb
Admin.

  

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643