Bersiap untuk Revolusi Industri 4.0






Indonesiabaik.id - Perkembangan teknologi menjadi hal yang paling penting untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Menurut World Economic Forum, terdapat tiga perkembangan teknologi yang paling berpengaruh terhadap revolusi industri 4.0. Tiga perkembangan teknologi tersebut yaitu, perkembangan komputer dan big data, perkembangan teknologi internet dan cloud technology, perkembangan energi baru dan terbarukan.

Kemampuan pekerja untuk dapat menguasai perkembangan teknologi dengan cepat, terutama penggunaan perangkat komputer, internet, cloud technology, pengolahan data dan informasi, dapat mengurangi risiko kehilangan pekerjaan akibat otomatisasi industri 4.0.

Solusi dari masalah tersebut, yang pertama yaitu memberikan pelatihan dasar yang sesuai dengan perkembangan, perubahan teknologi dan skill yang dibutuhkan di masing-masing sektor. Kedua, memberikan pelatihan yang dapat mempercepat penguasaan, perkembangan teknologi seperti penggunaan 3D printing, pemahaman terhadap penggunaan perangkat teknologi yang terintegrasi internet. Ketiga, memberikan pelatihan kewirausahaan dan akses terhadap permodalan yang dapat digunakan dalam membuka usaha yang sesuai dengan perkembangan industri 4.0 seperti pengolahan big data, reseller, dan produksi barang kreatif lainnya.


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post