Desa Pilihan Hidup Masa Depan




Manfaat hidup di desa memang lebih menonjol dari sisi kesehatan, sedangkan kalau daerah perkotaan lebih menjanjikan untuk ditinggali dan di tempati bagi pebisnis. Namun apakah hidup di desa itu tidak berguna dong? Pasti berguna sebab masih banyak manfaat positif yang bisa anda dapatkan apabila anda hidup di daerah pedesaan.

Percaya atau tidak, telah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tinggal di desa memiliki banyak manfaat bagi manusia. Manfaat hidup di desa sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena banyak hal­hal natural banyak berasal dari desa.
Pada umumnya, daerah tempat tinggal terbagi menjadi dua wilayah. Wilayah desa dan wilayah kota. Wilayah desa adalah wilayah yang biasanya masih bersifat sederhana, dengan sector industry yang sangat sedikit, bahkan hampir tidak ada, dan lebih mengarah kepada bercocok tanam.
Sedangkan wilayah kota adalah wilayah dengan sector industry yang lebih maju dan biasanya menjadi tujuan utama penduduk untuk mencari pekerjaan, karena dianggap lebih menjanjikan.
Manfaat hidup di desa memang lebih menonjol dari sisi kesehatan, sedangkan kalau daerah perkotaan lebih menjanjikan untuk ditinggali dan di tempati bagi pebisnis. Namun apakah hidup di desa itu tidak berguna dong? Pasti berguna sebab masih banyak manfaat positif yang bisa anda dapatkan apabila anda hidup di daerah pedesaan.
Kualitas Udara yang Jauh Lebih Baik
Karena daerah pedesaan mengandalkan sector bercocok tanam, maka bisa dipastikan banyak tanaman hijau yang tumbuh di daerah pedesaan.
Tanaman­ tanaman hijau ini adalah penghasil oksigen yang sangat baik. Selain itu, minimnya sector industry yang berada di desa, membuat daerah pedesaan memiliki kualitas udara yang jauh lebih baik, dan minim polusi.
Selain itu, populasi kendaraan bermotor yang jauh lebih kecil dibandingkan di daerah perkotaan turut mendukung baiknya kualitas udara yang ada di pedesaan. Cobalah anda rasakan, tinggal di daerah perkotaan dan daerah pedesaan, dijamin perbedaan kualitas udaranya akan terasa sekali.
Lebih Dekat dengan Alam
Apabila anda cinta alam, anda juga pasti akan senang tinggal di desa. Masyarakatnya yang hidup dari bercocok tanam, mengandalkan alam sekitar untuk hidup.
Anda bisa mengkonsumsi hasil pertanian segar langsung dari kebunnya. Bahkan ada beberapa desa yang belum dialiri listrik, dan lagi­lagi mengandalkan alam sebagai penerangan di malam hari. Selain itu, cobalah untuk berjalan­jalan di pagi hari. Rasakan sejuknya udara pedesaan, dan menyenangkannya menikmati alam yang terdapat di desa.
Hal ini tentu saja akan membuat anda menjadi lebih dekat dengan alam, sang penyedia kebutuhan hidup anda sehari­hari. Pola Hidup Lebih teratur Apabila hidup di desa, pola hidup anda dijamin akan menjadi lebih teratur. Anda tidak akan sering bermalas­malasan. Anda akan terbiasa untuk bangun pagi hari sebelum matahari terbit untuk bekerja di sawah atau perkebunan. Setelah seharian bekerja, anda akan beristirahat dan pulang.
Kalaupun anda tidak melakukan kegiatan bercocok tanam, pola hidup anda akan terpengaruh dari kehidupan masyarakat sekitar anda. Anda akan terbiasa untuk bangun lebih pagi dan menghirup udara segar pedesaan.
Andapun akan lebih sering mengkonsumsi sayuran dan buah­buahan segar. Hal ini akan membuat pola hidup anda menjadi lebih teratur, dan otomatis hidup anda akan menjadi lebih sehat.
Rileks dan Terhindar dari Stress
Pusing dengan macetnya daerah perkotaan? Atau penat dengan pekerjaan yang itu­itu saja? Hal ini apabila dilakukan secara rutin akan menimbulkan stress bagi diri anda. sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa rutinitas di daerah perkotaan dapat meningkatkan stress seseorang secara signifikan.
Nah, apabila anda tinggal di desa, hal ini tidak akan terjadi. Tidak ada macet yang bikin pusing kepala, tidak ada pula rutinitas yang hanya duduk di depan komputer seharian. Apabila hidup di pedesaan yang jauh dari keramaian, semua hal pemicu stress akan hilang ketika merasakan indahnya dan nikmatnya alampedesaan yang masih asri.
Selain itu kualitas udara yang dimiliki pedesaan juga akan membuat anda merasa lebih rileks ketika menghirupnya. Seolah beban hidup anda berkurang ketika anda menikmati semua pemandangan dan kelebihan yang dimiliki oleh pedesaan.
Dapat Berumur Panjang
Bagaimana bisa tinggal di pedesaan membuat umur anda menjadi lebih panjang? Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah minimnya beban hidup dan stress bila anda tinggal di pedesaan. Survey menyatakan bahwa tingginya tingkat stress dan depresi akan memperpendek umur seseorang.
Nah, dengan tinggal di desa, yang mana anda akan menjadi lebih rileks, dekat dengan alam, dan jauh dari stress akibat hiruk pikuk daerah perkotaan, maka akan terdapat kemungkinan umur anda dapat menjadi lebih panjang.
Coba saja kita lihat, banyak sekali kakek nenek yang berusia senja, namun masih terlihat segar bugar, bahkan masih sanggup untuk memikul hasil panen dari kebun ke rumahnya yang berjarak relative jauh.
Hal ini bisa terjadi karena, selain dekat dengan alam, yang membuat pola hidup mereka menjadi lebih sehat, mereka juga termasuk ke dalam individu yang jauh dari stress, sehingga merak lebih bisa rileks dan santai dalam menikmati hidup.
Dapat Mempelajari Kebudayaan Tradisional Masyarakat Sekitar
Setiap suku bangsa memiliki budayanya sendiri­sendiri. Di Indonesia penerapan kebdayaan tradisional hanya akan ditemukan di daerah pedesaan.
Banyak sekali budaya­budaya tradisional yang bisa anda pelajari di desa. Mulai dari budaya keagamaan, acara adat, sampai kesenian­kesenian tradisional masyarakat sekitar. Hal ini tidak akan dijumpai apabila anda tinggal di daerah perkotaan. Di daerah perkotaan lebih banyak menerapkan budaya organisasi dan budaya industry.
Ketika anda mempelajari kebudayaan­kebudayaan daerah masyarakat sekitar, maka secara tidak langsung, anda pun akan ikut melestarikan warisan­warisa nenek moyang Indonesia. Selain itu, budaya-budaya tradisional yang sifatnya unik, akan membuat anda menjadi lebih peka terhadap kehidupan berbudaya.
Memahami Bagaimana Cara Hidup Sederhana
Apabila anda tinggal di desa, maka anda akan memahami bagaimana cara­cara untuk hidup sederhana. Tidak perlu mobil mewah yang butuh perawatan mahal setiap bulannya.
Cukup berjalan kaki untuk pergi ke tempat tujuan, dan menggunakan angkutan umum. Kehidupan masyarakat desa yang sederhana akan mempengaruhi kehidupan anda. Anda akan mulai menghargai uang, dan mencoba untuk hidup sederhana.
Apabila anda ingin belajar untuk hidup sederhana dan hemat dalam pengeluaran sehari­hari, maka desa menjadi tempat yang sangat tepat bagi anda.
Menjadi Lebih Sering Bersyukur
Kehidupan sederhana yang sudah anda miliki akan membuat anda akan menjadi orang yang lebih memiliki rasa syukur. Tinggal di desa akan membuat anda bersyukur atas penghasilan anda.
Paling tidak rasa syukur itu pasti akan muncul ketika anda mampu memenuhi kebutuhan hidup anda sehari-hari walaupun hidup sederhana. Anda juga akan lebih merasa bersyukur karena anda sudah bisa diberi kesempatan dalam menikmati indahnya alam pedesaan tempat anda tinggal.
Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi.
Kehidupan masyarakat pedesaan yang cenderung tinggal berdekatan dan saling mengenal satu sama lain akan membuat kemampuan anda dalam bersosialisasi dan menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain bertambah.
Anda akan terbiasa untuk menyapa tetangga anda, mengikuti acara rapat di balai desa, dan secara tidak langsung, anda akan memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Hal ini dapat terjadi apabila anda menjadi orang yang aktif di lingkungan anda. Anda akan memiliki banyak sahabat dan relasi. Ikatan interpersonal pada masyarakat yang tinggal di pedesaan sangatlah kuat, karena disebabkan oleh perasaan senasib dan sepenanggungan antar warganya.
Jadi, apabila anda ingin meningkatkan kemampuan anda dalam bersosialisasi, maka ada baiknya anda mencoba untuk tinggal di daerah pedesaan.
Itu adalah beberapa manfaat bagi anda yang tinggal di daerah pedesaan. Mungkin ketika anda mulai mencoba tinggal di daerah pedesaan, anda akan merasakan manfaat lain yang beih banyak dan lebih baik dari itu. Semua itu tergantung pada diri anda sendiri, dan bagaimana anda menikmati hidup di daerah pedesaan. Semoga.

Oleh: Heru Supeno, Spd. MM
(Kepala SMAN Inderalaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir)
Sumber : http://tabloid-desa.com/desa-pilihan-hidup-masa-depan/


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post