TPID dan Tenaga Pendamping Desa Kec Cibugel, Laksanakan Sosialisasi dan Identifikasi Kegiatan Inovasi Desa




Guna mendorong lahirnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dalam penggunaan Dana Desa (DD) untuk Kemajuan dan Kemandirian Desa, Tim Pelaksana Inovasi Desa ( TPID ) dan Tenaga Pendamping Desa di kecamatan cibugel laksanakan sosialisasi dan identifikasi Inovasi Desa.



Kegiatan yang dilaksanakan di tujuh desa yang ada di kecamatan cibugel ini, dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari mulai tanggal 21 sampai dengan 23 November 2018.
Endang Sutisna, Bc.An, Ketua TPID Kec Cibugel,  mengatakan kegiatan ini membahas tentang tujuan dan tahapan program inovasi desa, kepada pemerintah desa, BPD, LPM, dan Masyarakat pada umumnya.


"mereka mampu memahami apa itu inovasi desa, sehingga tau betul apa yang akan mereka kerjakan terkait dengan pemanfaatan dana desa secara inovatif, paparnya “


Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cibugel, Asep Jazuli, menambahkan “ Kegiatan sosialisasi ini adalah salah satu rangkaian dalam program inovasi desa, yang nanti puncaknya ada pada bursa inovasi desa. Selain sosialisasi, TPID juga melaksanakan Identifikasi kegiatan pelaksanaan dana desa yang telah dilaksanakan, lewat identifikasi diharapkan mampu melahirkan sebuah ide dan komitmen dari desa untuk melaksanakan kegiatan yang sipatnya inovatif, dalam pemanfaatan dana desa”, terangnya.

Inovasi desa menjadi gebrakan bagus untuk pembangunan desa, yaitu meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa, mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa, sesuai dengan arah kebijakan dan sasaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. ( Asj )

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post