Desa Jayamekar Selenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Anggota BPD



Pemerintah Desa Jayamekar dalam hal ini diwakili oleh PJs Kades, menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintah desa dan Anggota BPD yang dilaksanakan Sabtu (01/12).

kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 19 orang ini, diisi oleh narasumber dari Kecamatan Cibugel dan Pendamping Desa.
Pjs Kades Jayamekar, Dede Resmana, S.Sos menyampaikan, “ Kegiatan ini diberikan dalam rangka meningkatkan kompetensi aparatur Pemerintah Desa dan anggota BPD, terkait tata cara penganggaran keuangan desa. Sehingga manajemen pengelolaan desa lebih baik lagi, selain itu, pemerintah desa juga telah menyelenggarakan pelatihan bagi pengurus BUMDesa, anggota Linmas, paparnya”.

Pendamping Lokal Desa Kec Cibugel, Asep Jazuli, disela-sela paparannya mengajak seluruh aparatur desa bersama sama dengan anggota BPD untuk menyamakan persepsi dalam tata kelola/penganggaran keuangan desa, sehingga dalam pelaksanaannya kita dapat memahami tahapan dan cara pengalokasiannya untuk membiayai semua kegiatan desa dengan baik.

“ Dalam Penganggaran Keuangan Desa itu, ada beberapa pihak yang ikut berperan diantaranya Pemerintah Desa sebagai penyusun Draft Rancangan, BPD sebagai lembaga desa yang Membahas Raperdes APB Desa dan APB Desa Perubahan bersama Kades dalam rangka memperoleh kesepakatan bersama dengan dasar Pembahasan menitikberatkan pada kesesuaian RAPBDesa dengan RKP Desa, perwakilan masyarakat mempunyai peran untuk Ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan dan pengawasan APBDesa, dan Bupati/Camat mempunyai peran untuk melakukan evaluasi, pembinaan dan pengawasan, Pungkanya”.
( Admin )




Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post