ORMAS PP DESA TAMANSARI CIBUGEL, LAKUKAN GAMELAN




    Foto : Asep Jazuli/Insan Desa Institute



INSAN DESA INSTITUTE, Cibugel- Pemuda Pancasila Ranting Desa Tamansari, Kecamatan Cibugel, Sumedang, pada hari minggu (20/01/2019) melaksanakan kegiatan Gerakan Melak Tatangkalan (Gamelan) atau gerakan menanam pohon di bahu jalan Darmaraja – Cibugel. Hal ini terlihat dari aktifitas mereka berbondong-bondong membawa benih pohon yang telah mereka persiapkan sebelumnya.



Ketua PP Ranting Tamansari, Teddy Mulyadi, saat penulis konfirmasi, menyampaikan “ kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami untuk melestarikan lingkungan, walaupun sederhana tetapi kami menginginkan adanya kegiatan nyata yang dapat kami laksanakan” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris PAC PP Cibugel, Mumu Mulyana, “ bahwa selain gerakan melak tatangkalan kami juga sebelumnya telah berpartisipasi membantu pemerintah desa dan warga masyarakat seperti merenovasi rumah warga yang tidak mampu, membangun sarana dan prasarana olah raga, membangun pos ronda, dan lain-lain” terangnya.


Pendamping Lokal Desa Kec Cibugel, Asep Jazuli, mengapresiasi kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang telah dilaksanakan oleh Pemuda Pancasila di desa. Hal ini merupakan bentuk partisipasi ormas dalam membangun dan mengembangkan aktifitas kegotongroyongan masyarakat.  Perlu adanya sinergitas yang dilakukan oleh Pemerintah Desa, BPD, Organisasi Kemasyarakatan, Lembaga Kemasyarakatan Desa, Pemuda, dan Masyarakat pada umumnya. Ada sebuah Philosofi Sunda yang mengajarkan tentang sinergitas dalam membangun desa yaitu “ Ngahiji Ngurus Desa, Pacantel Keur Pangwangunan, Desa Nu Urang, Desa Keur Urang Desa Kudu Ku Urang Balarea “ Pungkasnya. (Asj)

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post