FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Seperti Apa Kepemimpinan Desa Yang Ideal ?



Oleh : Karnadi Ismono/Penggiat Desa Yogyakarta



Dalam menjalankan kehidupan berbangsa, bernegara, termasuk untuk menciptakan Desa yang berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi, dan bermartabat secara budaya, pemimpin di Desa harus memiliki keteladanan yang kuat. 

Diantara ciri dan atau sikap pemimpin desa yang memiliki keteladanan yang kuat, akan nampak saat sang pemimpin melaksanakan tugasnya atau menjalankan amanah rakyat, diantaranya sebagai berikut:

1.   Menyadarai bahwa kepemimpinannya itu merupakan mandat rakyat dan bisa jadi suatu saat mandat itu diminta lagi.

2.   Mengedepankan kepentingan masyarakat, bukan pribadi dan kelompoknya.

3.   Mampu mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun desa, mendorong partisipasi warga agar merasa handarbeni terhadap desanya yang sebagai rumah bersama.

4.   Menjalankan tata kelola desa yang baik dan benar, seperti : jujur,terbuka, tanggungjawab dalam mengelola dana-dana pembangunan desa serta tidak korup.

5.   Mengatur pemerintahan desa dengan baik, seperti : sinergi didalam berkomunikasi dengan sesama perangkat desa, good goverment/pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

6.   Bermasyarakat yang baik tanpa memandang skat-skat yang ada dalam masyarakat, ajur,ajer bersama masyarakat, sehingga akan tercipta suasana kenyamanan dan kedamaian hidup di desa.

7.   Memiliki visi dan.missi terhadap desa untuk 6 tahun kedepan desa kita menjadi apa, menjadi baik atau semakin mundur. Desa harus maju,mandiri,kuat,sejahtera, sejahtera,berkeadilan dan demokratis, bertanggungjawab.




0/Post a Comment/Comments

73745675015091643