TINGKATKAN KAPASITAS PENDAMPING DESA, TAPM P3MD KAB SUMEDANG GELAR PELATIHAN SISKEUDES




INSAN DESA INSTITUTE, SUMEDANGTenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masayarakat Desa ( P3MD ) Kabupaten Sumedang terus meningkatkan peningkatan kapasitas pendamping desa. Koordinator TAPM P3MD Kb Sumedang, Ir Robi Budi Harsono mengatakan pendampingan desa terus dilakukan pemerintah dalam upaya percepatan pembangunan di desa-desa.



Pendamping desa juga diperlukan dalam upaya pendampingan program dana desa. "Pendamping desa ini kan salah satu pilar yang sangat penting untuk pembangunan desa. Desa-desa perlu pendampingan dan kapasitasnya kita tingkatkan terus," kata dia, saat memberikan arahan pada acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Desa se-Kabupaten Sumedang di Aula Kantor Kepala Desa Bongkok, Sumedang (11/01).

Selain itu Ia mengatakan pula, “ pelatihan kepada pendamping desa ini terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pendamping desa. Salah satunya adalah pelatihan Aplikasi Sistem Keuangan Desa ( Siskeudes ). Karena dengan adanya Aplikasi tersebut, akan memudahkan desa-desa dalam menyusun Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, Penatausahaan, dan Pertanggungjawaban Keuangan Desa”, Paparnya.

Selain materi tentang Aplikasi tersebut, kegiatan ini pula sekaligus rakorkab, hal ini semata-mata bertujuan untuk membekali Pendamping Desa, agar dalam melaksanakan tugas nya dilapangan mereka dapat bekerja secara optimal, pungkasnya. ( Asj )


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post