Antara Profesionalisme, Karya, dan Cinta




Definisi profesionalisme dan Kerja apabila keduanya digabungkan  menjadi satu kesatuan, yaitu Seorang profesionalisme akan sangat efisien dalam pekerjaanya jika memiliki keahlian kerja, arti keahlian kerja adalah kemampuan kita dalam menyelesaikan pekerjaan yang kita tangani, kata kunci disini adalah menyelesaikan.

Menyelesaikan berarti pekerjaan yang kita selesaikan itu sudah membuahkan solusi bagi permasalahan yang membutuhkan kemampuan kita, jujur perlu kita ketahui, bahwa orang lain atau negaramembayar kita karena solusi yang sanggup kita berikan terhadap suatu perkara.

Seorang profesional adalah orang yang menyenangi pekerjaannya karena ia bisa mengerjakannya dengan baik. Ia mengerjakannya dengan baik oleh karena ia menyenangi pekerjaan itu. Artinya ia mempunyai ke-Cinta-an terhadap pekerjaannya.

Seorang profesional adalah seorang yang senantiasa siap siaga dengan gagasan bila diperlukan. Artinya ia adalah adalah seorang yang memiliki imajinasi. Sekalipun imajinasinya melambung tinggi, tetapi kakinya harus tetap berpijak di atas tanah. Selain itu ia juga adalah orang yang jujur mengakui kegagalannya, tetapi juga mampu mengatasi rasa putus asanya, dan cukup tabah untuk mencoba lagi usahanya sampai berulang kali. Ia memiliki kemampuan untuk membedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting.

Ia juga tak sampai hati menunggu ada orang lain mendorong dia melakukan sesuatu, sebab ia tahu cara mengambil prakarsa sendiri. Iapun berani mengambil keputusan, dan konsisten terhadap keputusan yang ia ambil.

Seorang profesional adalah seorang yang senantiasa merampungkan pekerjaannya sampai berhasil, sehingga menjadi sebuah “Karya” yang bermanfaat. Profesionalisme akan menghasilkan sebuah Karya, Karya yang dilandasi dengan “Cinta”.

Cintaaa...!!! tiada satu pun di dunia ini yang menafikannya karena cinta merupakan fitrah manusia. Profesionalisme dan Karya mustahil akan terwujud apabila tidak dilandasi dengan cinta. Cinta terhadap profesi, pekerjaan, sekaligus aktifitas dalam pergaulan sejatinya menjadi modal dasar bagi seorang profesional dalam mewujudkan karya dan cita-citanya.

Profesionalisme yang di jalankan dengan “Cinta” akan menjadi sebuah catatan bagi jiwa yang tercerahkan untuk kemudian menjadikan sejarah bagi kita yang tertulis dalam sebuah arsip“Pengalaman”.

Antara Profesionalisme, Karya, dan Cinta, mungkin untuk sementara kita bisa pura-pura tidak peduli dengan semua itu, namun pada akhirnya kita takan bisa membohongi sebuah rasa.

Antara Profesionalisme, Karya dan Cinta dipersimpangan Dua Benua. Biarlah tetap bersemayam dalam arsip perjalanan. Yang jelas kita harus tetap bersemangat berusaha Mewujudkan “ Gerakan Desa, Makmurkan Desa, dan Menangkan Desa”.


#SebuahCoretan
#DipenghujungRamadhan1440H
#NgarangRia
#Ngawur.com

Oleh : Penikmat Kopi @CepAsjul

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post