FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Apa itu Best Practice ?


Definisi Best Practice

Kata best practice digunakan untuk mendeskripsikan/ menguraikan “pengalaman terbaik” dari keberhasilan seseorang atau kelompok dalam melaksanakan tugas, termasuk dalam mengatasi berbagai masalah dalam lingkungan tertentu.

Gambar : Max & Buddy Consulting


Dikutif dari berbagai sumber setidaknya ada beberapa Definisi/Pengertian tentang Best Paractice, diantaranya yaitu sebagai berikut :
Best Practice adalah suatu ide atau gagasan mengenai suatu teknik, metode, proses, aktivitas, insentip atau penghargaan [reward] yang lebih efektif dalam mencapai keberhasilan yang luar biasa di bandingkan dengan tehnik, metode, proses lain.
Ide atau gagasan yang dengan pengawasan, dan pengujian yang sesuai, dapat memberikan hasil yang diharapkan dengan lebih sedikit permasalahan dan komplikasi yang tidak terduga.
Best Practice dapat juga didefinisikan sebagai cara yang paling efisien [memerlukan usaha minimum] dan paling efektif [menghasilkan hasil terbaik] untuk menyelesaikan suatu tugas/pekerjaan, berdasarkan prosedur yang berulang-ulang [disampaikan di berbagai tempat] dengan memberikan bukti nyata yang dapat mengubah perilaku sejumlah orang.

Dari definisi diatas, dapat kita simpulkan bahwa best practice berkaitan dengan, Gagasan, Proses, Model, Metode, teknik dan pengalaman dalam melaksanakan dan menyelesaikan suatu Program/Kegiatan/Permasalahan yang dilakukan oleh sesorang maupun kelompok. 


Ruang Lingkup Best Practice

Ruang lingkup best practis mencakup pelaksanann tugas yang dilakukan oleh seseorang maupun tim, yang mencakup beberapa hal, diantara nya:


  • Best practice mampu mengembangkan cara baru dan inovatif dalam pengembangan serta memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas;
  • Best Practice membawa sebuah perubahan/ perbedaan sehingga sering dikatakan hasilnya luar biasa (outstanding result);
  • Best practice mampu mengatasi persoalan tertentu secara berkelanjutan atau dampak dan manfaatnya berkelanjutan/ tidak sesaat;
  • Best practice mampu menjadi model dan memberi inspirasi dalam membuat kebijakan serta inspiratif lainnya;
  • Cara dan metoda yang dilakukan dan atau yang digunakan bersifat ekonomis dan efisien.

Best pratice, atau pengalaman terbaik akan bisa dicapai dengan sukses dan lebih cepat jika dilakukan dengan tahapan yang sistematis melalui berbagai pendekatan artinya langkah-langkahnya dilandasi suatu teori yang relevan dengan masalah yang dihadapi. ’’Praktek Terbaik‘’ juga merupakan refleksi akumulasi tingkat kompetensi, dalam merespon tuntutan perubahan lingkungan dan dinamika permasalahan yang dihadapi.


Diolah dari berbagai sumber





0/Post a Comment/Comments

73745675015091643