Tim Kecamatan dan Pendamping Desa Kecamatan Cibugel Laksanakan Monev Realisasi Dana Desa

Camat Cibugel, Cicin Sondali, S.Sos meninjau Gedung Sannggar Seni yang didanai dari Dana Desa (Foto/Anggon Rahmat)



INSAN DESA INSTITUTE - Pemerintah Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang bersama Pendamping Desa, melakukan monitoring dan evaluasi (monev) program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa menggunakan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat tahun 2019, Kamis (27/06/2019).

Camat Cibugel Cicin Sondali, S.Sos, berbagi tugas dengan Tim menggelar monev secara bergantian ke 7 Desa. Selain mengecek secara langsung pembangunan fisik, monev tersebut juga mengecek tertib administrasi yang dilaksanakan aparat desa.

Menurutnyamonitoring dan evaluasi sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Lebih lanjut Camat mengatakan, monitoring dan evaluasi program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati Sumedang. Bupati berpesan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa dalam rangka percepatan pembangunan desa berdampak positif dalam kesejahteraan masyarakat.

“Kami melaksanakan monev, setiap selesai semesteran, kami akan cek hasil pembangunannya dan adminitrasinya. Hal ini agar semua kegiatan di Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cibugel, Asep Jazuli, mengatakan selain melaksanakan monev realisasi DD, kami juga bersama Pemerintah Kecamatan melakukan pendampingan dan fasilitasi kepada desa,  yang diantaranya telah dilakukan Fasilitasi penyusunan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa tentang Perencanaan dan Penganggaran Desa, Fasilitasi administrasi tata pemerintahan desa, Fasilitasi pengelolaan keuangan desa, Fasilitasi pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desa, Fasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desa, Fasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa, Fasilitasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan pembangunan desa, Fasilitasi Pengukuran Indeks Desa Membangun dan Koordinasi pendampingan desa di wilayah Cibugel, terangnya.








Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post