FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Camat Cibugel Lakukan Monitoring Pembangunan Jalan Desa


Camat Cibugel dan Kades Jayamekar-Foto : Asep Jazuli


Camat Cibugel Kabupaten Sumedang, Cicin Sondali, S.Sos  bersama Pendamping Lokal Desa melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Kegiatan pembangunan/pengaspalan jalan desa yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Jayamekar di Dusun Padahurip, Senin (22/07/2019).

Menurut, Kepala Desa Jayamekar, Idi Kusnadi, “sejarah pengaspalan jalan ini berawal dari keinginan warga masyarakat yang disampaikannya dalam musyawarah dusun, sehingga aspirasi warga tersebut kami tampung dan dimatangkan kembali dalam musyawarah desa penyusunan rancangan RKPDesa 2019 yang kemudian disahkan dalam Peraturan Desa Jayamekar hingga akhirnya kegiatan tersebut dapat terakomodir dalam daftar prioritas pembangunan desa yang dibiayai dari dana desa tahun anggaran 2019, paparnya"  

Kegiatan Monev tersebut secara langsung mengecek pembangunan fisik dilapangan. Hadir juga dalam kesempatan itu Babinkamtibmas, dan Perangkat Desa.

Menurut Camat, monitoring dan evaluasi sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tugas dan fungsi kecamatan dalam pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan desa agar sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Lebih lanjut ia mengatakan, monitoring dan evaluasi program pembangunan yang menggunakan dana desa sesuai arahan Bupati  Sumedang. Bupati berpesan agar dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat ke desa-desa dalam rangka percepatan pembangunan desa berdampak positif dalam kesejahteraan masyarakat.

“Kami melaksanakan monev, tidak hanya setelah selesai pelaksanaan tetapi pada proses pelaksanaan pun kami melakukan kunjungan lapangan, untuk memastikan pelaksanaan kegiatan pembangunan apapun juga benar-benar dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, sekaligus untuk mendorong/memotivasi warga agar mereka mau berpartisipasi/gotong royong membantu dan mengawasi pelaksanaan pembangunan” terang camat.

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cibugel, Asep Jazuli, mengatakan selain melaksanakan monev realisasi DD, kami juga bersama Pemerintah Kecamatan melakukan pendampingan dan fasilitasi kepada desa, yang diantaranya telah dilakukan Fasilitasi penyusunan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa tentang Perencanaan dan Penganggaran Desa, Fasilitasi administrasi tata pemerintahan desaFasilitasi pengelolaan keuangan desa,Fasilitasi pelaksanaan tugas kepala desa dan perangkat desaFasilitasi pelaksanaan pemilihan kepala desaFasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan DesaFasilitasi sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dengan pembangunan desa, Fasilitasi Pengukuran Indeks Desa Membangun dan Koordinasi pendampingan desa di wilayah Cibugel, pungkasnya. (Asj)



0/Post a Comment/Comments

73745675015091643