FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Agus Muslim Pimpin Kembali MPC PP Kab Sumedang


Jajaran Pengurus MPC PP Sumedang bersama Bupati Sumedang-Foto : Kicaunews

Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila  Kab. Sumedang Gelar Musyawarah Cabang (Muscab) Ke – VII tahun 2019 Periode 2019 – 2023 dengan tema “Akselerasi Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”. Rabu (07/08/2019) bertempat di Gedung Islamic Centre Sumedang.

Dalam pembukaan kegiatan empat tahunan ini, dihadiri oleh Ketua MPW Prov. Jawa Barat Sdr. H. TUBAGUS DASEP, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab. Sumedang Sdr. Drs. AGUS MUSLIM, Kapolres Sumedang AKBP HARTOYO S.I.K., M.H yang diwakili Kasat Intelkam Polres Sumedang AKP KURNIAWAN, S.H, Sekda Kab. Sumedang Sdr. Drs. H. HERMAN SUYATMAN, M.Si,  Kabag PBD Setda Kab. Sumedang Dr. ASEP DADANG DARMAWAN S.Pd., M.Si, Dankoti Jawa barat Sdr. ARES, Sekertaris Panitia Sdr. DWIKI NUR AGRIZAL, S.T, Dandim 0610 Sumedang yang diwakili PELTU AJI PURNAMA, Subdenpom Sumedang, Kejaksaan Negeri Sumedang, Para Ketua Ormas SeKab. Sumedang, Para Pengurus Ormas Pemuda Pancasila Kab. Sumedang serta tamu undangan lainya dengan jumlah hadir sebanyak -+ 2000 (Dua ribu) Orang.




Penyelenggaraan Muscab dilaksanakan untuk evaluasi program kerja yang telah dijalankan, menentukan program kerja kedepan, dan Pemilihan Ketua MPC.

Dalam sambutan Drs. Agus Muslim Ketua MPC PP Kab. Sumedang menyampaikan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dalam kegiatan Musyawarah Cabang Ke – VII Tahun 2019 yang mudah – mudahan menjadikan Ormas Pemuda Pancasila menjadi lebih baik lagi. 
 “Permohonan maaf kepada Pemerintahan dan warga masyarakat apabila selama ini Ormas Pemuda Pancasila belum bisa melaksanakan tugas secara maksimal tetapi kami akan terus berusaha untuk menjadi ormas yang bermanfaat bagi Pemerintah dan warga masyarakat Kab. Sumedang,”katanya
Dalam kesempatan itu juga, Ketua MPW Pemuda Pancasila Prov. Jabar,  H. Tubagus Dasep, mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan menyampaikan selayang pandang perjalanan sejarah Pemuda Pancasila.
Organisasi Pemuda Pancasila dideklarasikan berdirinya pada 28 Oktober 1959 di Jakarta. Adalah Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI) yang membidani kelahiran organisasi tersebut. IPKI merupakan sayap politik dari para petinggi militer yang masih aktif dalam kedinasan. Tokoh-tokoh pendirinya adalah A. Yani, A.H. Nasution, Gatot Subroto dan masih banyak lagi. Mereka tidak dapat langsung bermain di kancah politik, karena memang undang-undang melarang militer aktif melakukan kegiatan politik praktis. IPKI dilahirkan guna mengemban tugas mulia yakni melindungi NKRI dari rongrongan bahaya laten komunis yang kala itu dimotori oleh PKI.

Sejak awal berdirinya, Pemuda Pancasila tidak pernah sepi dari gerakan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara. Ketika Pancasila dalam ancaman dan hendak dirongrong oleh barisan Pemuda Rakyat beserta kekuatan PKI, dengan sigap kader-kader Pemuda Pancasila tampil sebagai perisai penyelamat.

Sekitar tahun 1965 ketika PKI gencar menelusup di segenap sendi kehidupan masyarakat, kerap berhadapan secara fisik dengan anggota Pemuda Pancasila. Sejarah mencatat beberapa kali terjadi bentrokan fisik yang menewaskan anggota organisasi dari kedua belah pihak. Peristiwa gugurnya kader-kader Pemuda Pancasila itu dicatat sebagai peristiwa heroik yang dijadikan api semangat dalam menegakkan panji-panji organisasi. 
“Atas dasar sejarah itulah, kami tidak mau disebut sebagai anak durhaka karena Ormas Pemuda Pancasila dilahirkan dari institusi TNI Polri sehingga apabila ada yang berani mengusik TNI Polri maka akan berhadapan terlebih dahulu dengan Pemuda Pancasila,” ungkapnya
Drs. Agus Muslim, secara aklamasi terpilih kembali untuk memimpin Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC-PP) Kabupaten Sumedang periode 2019-2023. Atas terpilihnya kembali sebagai ketua dia berharap untuk 4 (Empat) tahun kedepan meminta kerjasama yang lebih baik lagi dengan sesama Ormas, warga masyarakat dan unsur Pemerintahan untuk bekerjasama memajukan Kab. Sumedang.   
Kegiatan Muscab kali ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs. H. Herman Suryatman, M.Si. dan kemudian di tutup oleh Bupati Sumedang H. Doni Ahmad Munir. (Asj)

Oleh : Asep Jazuli


0/Post a Comment/Comments

73745675015091643