FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Kecamatan Cibugel, Gelar Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa




Pembinaan kepada aparatur desa perlu dilakukan, agar aparatur desa mengetahui fungsi dan tanggungjawabnya masing-masing. Hal itu dikatakan oleh Sekretaris Kecamatan Cibugel, Eris Suhaerat, SP pada kegiatan Pembinaan Pengelolaan Administrasi Keuangan Desa tingkat Kecamatan Cibugel, bagi para Sekdes, Kaur, dan Kasi se Kecamatan Cibugel, Senin (26/08/2019).

“Tujuan pembinaan administrasi pengelolaan keuangan desa itu untuk menjelaskan fungsi masing-masing bidang serta tanggungjawabnya. Hal yang berkaitan dengan Tata Kelola Keuangan Desa,” ujar Sekcam.

Ia pun berharap pembinaan tersebut dapat memberikan akurasi perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, pertanggungjawaban keuangan desa sesuai dengan regulasi yang ada.



“Sekretaris Desa dan Bendahara perlu memahami pengelolaan keuangan desa. Jangan sampai faktor ketidaktahuan Sekretaris maupun Bendahara mengakibatkan amburadulnya pengelolaan keuangan desa”, tegas Sekcam.

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa Asep S Jazuli, selaku narasumber, menyampaikan bahwa pada tataran teknis perangkat desa sudah menguasai pengelolaan keuangan desa, tetapi dalam tataran manajemen mereka harus terus di upgrade agar dalam tahapan pengelolaan keuangan desa dapat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh regulasi.

“Untuk melaksanakan kegiatan organisasi, diperlukan sebuah teknik, keterampilan, dan ilmu agar dalam pengelolaannya dapat berjalan sesuai dengan apa yang di inginkan oleh sebuah organisasi/institusi. Disinilah fungsi-fungsi manajemen diperlukan dan akan berperan. Begitupun dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh desa, penggunaan dari fungsi-fungsi manajemen harus dilakukan secara sistematis agar pengelolaan kegiatan desa dapat berjalan optimal dan berdaya guna bagi kepentingan masyarakat”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama hadir juga, Kasubdit Belanja dan Pembiayaan pada BPKAD Kabupaten Sumedang, Yayah Rokayah, sebagai pemateri, ia menyampaikan informasi pagu anggaran dan mekanisme penyaluran keuangan desa. (Asj)

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643