BUMDes Menggerakan Ekonomi Desa


Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mencatat sebanyak puluhan ribu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) telah terbentuk, namun masih banyak BUMDes yang perlu mendapat pendampingan di Indonesia bagian timur agar bisa menjadi pilar ekonomi dan menampung seluruh aktivitas ekonomi yang tumbuh di pedesaan.

kebanyakan BUMDes condong membentuk unit usaha di sektor wisata karena melihat kondisi alam di Desanya masing-masing. Unit usaha pada sektor wisata dinilai dapat mempercepat perkembangan BUMDes. Dan ini menunjukkan kalau usaha di sektor wisata adalah hal yang sangat bagus dan prospek, bahkan kedepannya bisa jadi gantungan ekonomi pedesaan.
Oleh sebab itu, Kemendes PDTT memiliki perhatian serius dengan tetap mengawal dan memfasilitasi berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes dengan menggandeng sektor perbankan. Pelatihan yang diberikan di antaranya mencakup aspek perencaan bisnis.

Kemendesa juga menyebutkan sudah lebih dari 61 persen desa di Indonesia memiliki BUMDes dengan omzet mencapai miliaran hingga triliunan per tahun. Diharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perdesaan dapat memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan program Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) untuk bersaing dengan produk-produk besar. Dengan begitu bisa memperluas pasar.

Oktanti Putri Hapsari


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post