FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

MENJADI INSAN DESA PENGABDI (Sebuah Refleksi)





Mejadi pribadi yang bermanfaat adalah dambaan insan, tak terkecuali bagi mereka yang tinggal dan bekecimpung dalam aktifitas di pedesaan. Karena pada dasarnya berilmu, beribadah, dan beramal adalah tiga hal prioritas utama bagi penjalanan aktivitas manusia. Dalam perjalanan hidupnya manusia tidak mungkin lepas dari masyarakat (socius), karena selain hidup untuk dirinya sendiri (Homo Individualiticum), manusia juga hidup untuk orang lain, dengan orang lain, dan tidak bisa lepas dari orang lain (Homo Socialiticum). Manusia akan selalu hidup dalam suatu sistem sosial di mana ia berada.

Pendamping desa sebagai bagian dari masyarakat desa tentu mempunyai komitmen kearah sana, hampir lima tahun ini pendamping desa telah melakukan kiprahnya dengan sekuat-sekuatnya, sehebat-hebatnya dan seindah-indahnya.

Berbagai kiprah dan peran telah ditunjukan oleh pendamping desa. Salah satu yang layak kita simak adalah kiprah pendamping lokaldesa yang tersebar di seluruh bumi nusantara.

Dengan honor yang tak terlalu besar, mereka mampu menjalankan tugasnya yang begitu komlpeks, mereka berperan sebagai Penyuluh/Fasilitator yang harus mampu mendampingi dan memfasilitasi pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDesa, dan masyarakat pada umumnya. Selain itu tugas-tugas administratif dan koordinatif pun mereka kerjakan dengan baik.   

Begitulah, bila tanpa mental dan kecakapan, dengan beban dan tanggungjawab yang mereka miliki pasti mereka akan terpental dari medan laga. Tetapi ada sebuah spirit yang mendorong dan memotivasi mereka untuk terus berjuang, seorang pejuang berbuat tidak berdasarkan harapan pujian atau takut ancaman, tapi jauh lebih dari itu spirit pengabdianlah yang mendasarinya.

Kekuatan pengabdian dapat kita petik dari fitrah manusia sebagai makhluk sosial, yakni makhluk yang saling membutuhkan manfaat atas satu sama lain. Hal tersebut dapat kita lakukan di mulai dari hal yang paling sederhana, dari hal yang paling kecil yang mudah kita lakukan senantiasa terus menerus dilakukan sehingga dapat berbuat untuk melakukan perbaikan bersama, melalui apapun segala bentuk aktifitas yang kita kerjakan.

Tantangan kedepan mungkin akan lebih kompleks, tapi kita telah berikrar dan berkoalisi untuk tidak lembek dalam melakukan pengabdian pada lingkungan, masyarakat, bangsa, dan negara.

Menjadi Insan Desa Pengabdi adalah sebuah cita-cita luhur, yang senantiasa memotivasi dan menjadi nafas perjuangan untuk Menggerakan Desa, Makmurkan Desa, dan Menangkan Desa.

Sebuah Coretan, disepertiga malam .............


Oleh : Asep Jazuli
(Penikmat Kopi)


0/Post a Comment/Comments

73745675015091643