PENDAMPING PPKH KEC CONGGEANG SELENGGARAKAN FGD STRATEGI MENANGGULANGI KEMISKINAN



Insan Desa Institute - PPKH Kecamatan Conggeang menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion dengan mengusung sebuah tema “Strategi Menanggulangi Kemiskinan” di Aula Kantor Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, selasa (25/09).



FGD tersebut  digagas oleh PPKH Conggeang dalam rangka mengonsolidasikan gagasan-nya melalui komponen yang ada ditingkat kecamatan.

FGD tersebut dihadiri oleh Camat Conggeang, Kepala Desa, Korkab PKH, SPV, Kepala UPTD Kesehatan Conggeang dan dari TAPM P3MD Kemendes PDTT RI.

Dalam sambutannya Kordinator Kecamatan Conggeang, Cindy Huseina menerangkan bahwa “dari 2015 PKH sebetulnya memiliki program unggulan untuk pengentasan kemiskinan yaitu melalui intervensi perubahan prilaku ke arah yang positif dengan Kegiatan  Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) pada Keluarga Penerima Manfaat (Pra Sejahtera), yang terdiri dari lima modul pembahasan antara lain Pengasuhan dan Pendidikan Anak, Pengelolaan Keuangan Keluarga, Kesehatan Gizi, Perlindungan Anak, Pelayanan Lansia dan Disabilitas” terangnya.

Camat Conggeang, Drs Bangbang Kustiantoro M.Si, menyambut baik dengan adanya kegiatan FGD yang dilakukan oleh Pendamping PKH Kecamatan Conggeang.

“tentu ini akan berkontribusi sangat positif bagi kami, semoga dengan adanya kegiatan FGD ini Kita bisa lebih fokus untuk membahas upaya dan strategi  dalam mengentaskan kemiskinan dan kami akan segera mengkoordinasikan semua unsur stakeholders yang ada, terutama  desa untuk bisa melihat kegiatan yang sangat educatif  dilakukan oleh pendamping PKH kepada warga penerima PKH”.

Pada kesempatan yang sama Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Kemdendesa PDTT RI selaku narasumber, Untung Haris, ia  menerangkan 

“kemiskinan tidak akan jauh dengan stunting karena sangat beririsan, sebetulnya melalui kebijakan penggunaan dana desa 2020 keberpihakannya jelas pada Keluarga miskin, disabilitas, lansia dan kelompok marginal, persis dengan apa yang sudah dilaksanakan PKH saat ini” terangnya.

Berdasarkan data dari UPTD Kesehatan Conggeang, saat ini mempunyai kasus kematian Ibu 1 orang, bayi 3 orang, dan stunting sejumlah 64 orang tersebar di berbagai desa.


Pewarta : Arf
Kontributor Web blog Insan Desa Institute


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post