KADES DAN PERANGKAT DESA SE-KECAMATAN CIBUGEL IKUTI PEMBINAAN




INSAN DESA INSTITUTE - Kepala Desa di Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, mengikuti kegiatan Pemibinaan Pengelolaan Keuangan Desa, pada hari selasa (29/10/2019) di Aula Kantor Camat Cibugel.

Selain Kepala Desa, hadir pula para perangkat desa yang terdiri sekdes, kaur keuangan, dan kaur perencanaan dari 7 Desa di Kecamatan Cibugel. Kasi PPM Kecamatan Cibugel, Hj Lina Marlina, A.Md mengatakan, kegiatan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa ini diikuti 28 orang dari 7 Desa se Kecamatan Cibugel.

“Masing-masing desa mengirimkan 4 orang dari unsur kepala desa sebagai penanggungjawab pengelolaan keuangan desa dan para pengelola teknis pengelolaan keuangan desa yang terdiri dari sekdes dan kaur,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, selain kades dan perangkat desa yang hadir sebagai peserta, kami juga melibatkan Pendamping Lokal Desa sebagai fasilitator kegiatan, dan yang menjadi narasumber kami mengundang dari unsur TPPI P3MD serta dari BPKAD Kabupaten Sumedang. Pihaknya berharap lewat kegiatan ini, bisa memberi wawasan dan kemampuan teknis bagi PTPKD khususnya dalam penggunaan aplikasi siskeudes.



“Sejak diluncurkan, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), mulai dari versi 1 sampai versi 2 saat ini, terus mengalami perkembangan yang signifikan.  Pengembangan aplikasi tersebut juga terus mengikuti peraturan yang diluncurkan oleh pemerintah pusat.  Aplikasi ini diproyeksikan sebagai alat bantu pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa. Begitu juga untuk Aplikasi siskeudes tahun 2019 ini, yang merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Sehingga kegiatan peningkatan kapasitas bagi pelaksana teknis pengelolaan keuangan desa ini sangat penting” terangnya.



Sementara itu Camat Cibugel, Cicin Sondali, S.Sos, saat membuka kegiatan mengatakan, pembinaan bagi aparatur pemerintah desa ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan update kemampuan.

“Dengan kegiatan ini, Kades ataupun aparatur pemerintah desa bisa lebih memahami dan menjalankan tugas fungsinya sebagai penyelenggara pemerintahan dan sebagai pengelola keuangan desa dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang ada,” pungkasnya (Asj)


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post