FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Peringati Sumpah Pemuda, Karang Taruna Desa Kadakajaya adakan bakti sosial, Seminar dan Tabligh Akbar


INSAN DESA INSTITUTE - Dalam rangka menyambut hari Sumpah pemuda 2019 Karang Taruna Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Sumedang mengisi kegiatannya dengan melaksanakan bakti sosial donor darah yang bekerjasama dengan Unit donor darah PMI Kabupaten Sumedang, pada Sabtu 26 oktober 2019 bertempat di Balai Desa Kadakajaya.




Irma Sofiani selaku Ketua Karang Taruna Dusun III, mengungkapkan dari Kegiatan tersebut PMI telah menerima warga Pendonor sebanyak dua puluh orang bahkan banyak yang akan mendonorkan darahnya namun sebagian banyak yang kondisi darahnya tidak layak didonorkan.

"Kegiatan ini berawal dari keprihatinan karena stok darah di PMI terkadang berkurang dari persediaan sehingga hal ini yang menjadi awal pemikiran diadaknnya kegiatan donor darah tujuannya untuk membantu sesama yang memerlukannya melalui PMI, dan Alhamdulilah dari kegiatan yang kami gelar terkumpul labu darah untuk disumbangkan” ungkapnya.



Selain itu, Irma juga menerangkan setelah kegiatan donor darah, siangnya diadakan seminar tentang kepemudaan yang diisi oleh narasumber Rohman Gumilar seorang pegiat literasidari Desa Kadakajaya. Acara seminar kepemudaan ini bukan saja dihadiri oleh para pemuda dari perwakilan tiap dusun tapi melibatkan semua unsur mulai dari Perwakilan BPD, LPM ketua RW, RT Linmas, perwakilan beberapa Ormas , kader PKK dan tokoh masyarakat. Setelah acara seminar, diharapkan organisasi masyarakat baik RW maupun RT bisa memanfaatkan para pemuda dilingkungannya untuk berperan aktif dalam segala hal, selain itu para pemuda yang aktif bisa dirujuk untuk masuk pada organisasi karang Taruna karena para pemuda bisa berpengaruh pada kemajuan Desa apabila dipupuk dan diarahkan dari sekarang apalagi untuk menghadapi era 4.0 sangat diperlukan  Sumber daya manusia  yang cerdas, kreatif dan melek ITE.

“ Kepemudaan adalah berbagai hal yang berkaitan dengan potensi, tanggung jawab, hak, karakter, kapasitas, aktualisasi diri, dan cita-cita pemuda. Pembangunan kepemudaan adalah proses memfasilitasi segala hal yang berkaitan dengan kepemudaan. Peran ideal remaja adalah Latar Belakang Sejarah sebagai pelaku sejarah peristiwa-peristiwa penting. Fakta Karakteristik  yang dimiliki pemuda yang menonjol adalah Energik-Dinamis-Kreatif-Inovatif dan yang lainnya begitu isi daripada seminar kepemudaan yang disampaikan dari narasumber, kedepannya insyaallah Karang Taruna Desa Kadakajaya  akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat”, terang Irma.

Puncak rangkaian kegiatan peringatan Sumpah Pemuda tersebut, ditutup dengan kegiatan tabligh akbar yang diisi oleh Ustad Rd. Taufik Rohman, S.Pd (Pengasuh Pondok Pesantren Ataufikiyah Tanjungsari), yang digelar pada malam harinya.

Penulis : Rohman Gumilar (Kontributor Insan Desa Institute)
Editor   : Asep Jazuli  

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643