PERMENDESA NOMOR 17 TAHUN 2019 TENTANG PEDOMAN UMUM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA


Kementrian Desa PDTT RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan  dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.  Regulasi tersebut ditetapkan pada tanggal 15 Oktober 2019, dan ditanda tangani oleh Menteri Desa era Pemerintahan Presiden Joko Widodo Jilid I, Eko Putro Sandjojo.

ilustrasi gambar : freepik.com


Pengundangan Permendesa tersebut diundangkan pada tanggal 22 Oktober 2019, oleh Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Widodo Ekatjahjana, yang tercatat dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 1261.

Dasar Pemikiran penerbitan peraturan tersebut diatas,  yaitu dalam rangka melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, diperlukan pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa bagi Pemerintah Desa, BPD, dan masyarakat Desa dalam melaksanakan pembangunan Desa.

Maksud pengaturan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa untuk:

a. Memberikan acuan bagi masyarakat Desa; b. Memberikan acuan bagi pemerintah Desa dalam melaksanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa; c. Memberikan acuan bagi pemerintah, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam menyelengarakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa; dan d. Memberikan acuan bagi pihak ketiga dalam mengembangkan kerja sama/kemitraan dengan Desa.

Tujuan pengaturan pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa untuk:

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa; 2. Meningkatkan kualitas hidup manusia; 3. Penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan; dan 4. Peningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Selengkapnya, KLIK DISINI Untuk DOWNLOAD Permendesa PDTT RI Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.



Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post