FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

PLD KEC SUMEDANG UTARA LAKSANAKAN BIMTEK SAPA WARGA DAN SOSIALISASI PEMBENTUKAN KIM


INSAN DESA INSTITUTE - Pendamping Lokal Desa Kecamatan Sumedang Utara menyelenggarakan Bimtek Aplikasi Sapawarga dan Sosialisasi Pembentukan KIM di Desa Sirnamulya Kecamatan Sumedang Utara Kab Sumedang, pada hari Jum'at (11/10/2019).



Kegiatan yang di buka oleh Kepala Desa ini, di ikuti oleh sekitar 10 orang peserta  yang merupakan para Ketua RW di Desa tersebut. Ena Juanda selaku PLD, memberikan bimbingan cara penggunaan aplikasi sapa warga dengan berbagai tahap.



Peserta terlihat antusias menyimak materi dan simulasi yang disampaikan oleh pemateri. Sapa Warga merupakan salah satu program pendukung Desa Digital untuk memangkas gap komunikasi masyarakat desa dengan Pemdaprov Jabar. Ketua Rukun Warga (RW) sebagai penanggungjawab telah diberi gawai yang dilengkapi aplikasi Sapa Warga supaya dapat berkomunikasi secara virtual dengan Gubernur Jabar maupun Bupati/Walikotanya. Ketua RW pun bisa memberikan laporan terkait potensi wilayahnya maupun membuat pengaduan.



Selain Bimtek penggunaan Aplikasi Sapa Warga, pada kesempatan yang sama dilaksanakan pula sosialisasi pembentukan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) di Desa. Sosialisasi tersebut disampaikan oleh Bayu M Suhendar selaku Pendamping Lokal Desa diwilayah tersebut. Dirinya juga menerangkan bahwa urgensi pembentukan KIM di Desa.


 "KIM dibentuk untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kearifan masyarakat. Selain itu, KIM membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang bermanfaat bagi semua aspek pembangunan. Artinya, KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat", imbuhnya.


Dengan adanya Aplikasi Sapa Warga ini, dapat dipadukan dengan KIM tersebut, kalau dibaratkan Aplikasi Sapa Warga sebagai media/alatnya, dan KIM sebagai kelompok pengelola dan pengisi konten informasinya. (Asj)

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643