OPTIMALISASI PENYUSUNAN RAPBDesa 2020, TPPI KECAMATAN CIBUGEL LAKUKAN INI


INSAN DESA INSTITUTE - Tenaga Pendamping Profesional P3MD  dan Kasi PMD/PPM Kecamatan Cibugel melaksanakan Pelatihan bagi para Pelaksana Kegiatan Desa, kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat di Aula Kecamatan Cibugel, Sumedang, Kamis (07/11/2019).

Pelatihan itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kapasitas pengetahuan, dan keterampilan,  dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa, Pembangunan Desa, Pembinaan dan Pemberdayaan Masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Dalam sambutannya, Sekretaris Kecamatan Cibugel, Eris Suhaerat mengatakan dengan makin meningkatnya anggaran desa dan membesarnya kewenangan desa, maka kami dan para pendamping  terus berupaya meningkatkan kapasitas organisasi dan manajemen pemerintahan dan pembangunan desa.

Lebih lanjut Eris menjelaskan pemerintah desa adalah unsur utama desa, yang diharapkan mampu menggerakan unsur desa lainnya melalui pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, serta unsur wilayah melalui kegiatan pembangunan penggalian dan pengembangan potensi desa yang ada di wilayahnya.
"Pelatihan ini merupakan modal dasar dalam membentuk sumberdaya manusia yang kompeten di desa. Untuk itu materi pelatihan akan dikonsentrasikan pada pembentukan sikap dan perilaku kerja, meliputi materi pengajaran pelatihan dan pengasuhan," kata Eris.
Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cibugel, Asep Jazuli, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan penyusunan RAPBDesa Tahun 2020. Dengan mendatangkan narasumber dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Sumedang, tempat kami bernaung. 

“Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Pelaksana Kegiatan Desa ini, dilaksanakan dalam rangka optimalisasi penyusunan RAPBDesa Tahun 2020, yang menjadi pesertanya terdiri dari Kasi Kesejahteraan, Kaur Perencanaan, dan Sekdes. Fokus materi yang kami sampaikan adalah tata cara pembuatan Dsain RAB, dan tupoksi mereka dalam mengelola semua kegiatan desa ” pungkasnya.(Asj)


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post