Perbedaan Tugas Kepala Urusan dengan Kepala Seksi di Pemerintahan Desa


Bicara soal tugas Kepala Urusan dan Kepala Seksi, maka hal itu berkaitan dengan Pemerintah Desa. Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dan dibantu oleh Perangkat Desa.

Perangkat desa terdiri dari:
a.    Sekretariat Desa,
b.    Pelaksana Kewilayahan, dan
c.    Pelaksana Teknis

Perangkat desa berkedudukan sebagai unsur pembantu kepala desa, dimana Kepala Urusan merupakan bagian dari sekretariat desa, sedangkan Kepala Seksi merupakan bagian dari pelaksana teknis.



Kepala Urusan berkedudukan sebagai unsur staf sekretariat. Kepala Urusan memimpin masing-masing urusan pada Sekretariat Desa, yaitu paling banyak terdiri atas 3 (tiga) urusan yaitu urusan tata usaha dan umum, urusan keuangan, dan urusan perencanaan, dan paling sedikit 2 (dua) urusan yaitu urusan umum dan perencanaan, dan urusan keuangan.

Sedangkan Kepala Seksi berkedudukan sebagai unsur pelaksana teknis. Kepala Seksi memimpin masing-masing seksi pada Pelaksana Teknis, yaitu paling banyak terdiri atas 3 (tiga) seksi yaitu seksi pemerintahan, seksi kesejahteraan dan seksi pelayanan, dan paling sedikit 2 (dua) seksi yaitu seksi pemerintahan, serta seksi kesejahteraan dan pelayanan.


Hukumonline.com

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post