Kepala Kanpusarda Kabupaten Bandung resmikan Gedung Perpusdes Pabukon Saba Desa Margamukti


Kepala Dinas kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati, meresmikan bangunan baru Peprusdes pabukon Saba Desa, Desa Margamukti kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jumat (17/01/2020).



Dalam kegiatan tersebut hadir juga dari dinas Pendidikan Kabupaten Bandung yang diwakili oleh Bidang PNF, acara berlangsung dari jam 8 Pagi sampai jam 10 siang yang dihadiri  juga oleh para pegiat Literasi, Pemdes, BPD dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan peresmian Peprusdes pabukon Saba Desa, juga disemarakan dengan berbagai kegiatan diantaranya Seminar Literasi, layanan Akta kelahiran gratis, Layanan Kartu Identitas anak, layanan kesehatan dan diadakan pula berbagai perlombaan untuk pelajar Sekolah Dasar mulai dari puisi tari, lomba bercerita dan lomba menggambar untuk usia PAUD. Untuk kegiatan kemah Literasi yang didisi dengan Diskusi Literasi dan Fun Game lokasinya bertempat  area wisata Pabrik teh Kertamanah mulai dari jumat sore sampai malam hari.

Peresmian ini merupakan peresmian bangunan baru perpusdes pabukon Saba Desa yang terletak di Jl. Raya Rancamanyar No.01 RT 13, Margamukti, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378 dalam bangunan yang baru diresmikan selain terdapat ruang layanan baca ada juga ruang diskusi dan pertemuan sehingga akan banyak kegiatan-kegiatan perpusdes yang akan melibatkan banyak pihak dan akan terus bersinergi dengan semua pihak. Semula Perpusdes ini bertempat diluang lingkup Kantor Desa, apabila sebelumnya layanan kunjungan perpustakaan terbatas waktunya dan kini bisa melayani masyarakat sampai malam hari begitu ungkap ketua perpusdes  Pabukon Saba Desa Asep Syamsudin, S.Pd. Untuk kegiatan Seminar Literasi diisi oleh beberapa narasumber diantaranya Mang Yayat  dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) kabupaten Bandung, Rohman Gumilar dari Pengurus FTBM Jabar, Ustd Handy Boni seorang penulis dan motivator, Hilman Indrawan (penulis/Khazanah Trans 7) dan M Yudha Putra Mashudi, S.DS MSM/Kang Khamvred ( Dosen dan aktivis Pemberdayaan) dengan mengusung tema “ Literasi tanpa Batas”.

Rohman Gumilar Pengurus FTBM Jabar


Diharapkan dengan adanya bangunan baru Perpusdes Pabukon saba Desa ini bisa terus bergerak dalam bidang literasi untuk seluruh Masyarakat Desa Margamukti sehingga bisa berdampak positif bagi masyarakat, selain meningkatnya budaya minat baca diharapkan juga masyarakat lebih literat mampu mengimplementasikan dari hasil membaca di perpusdes. Keseriusan dalam mengelola perpusdes ini mendapat apresiasi dari pemerintah melalui Lomba Perpustakaan Tingkat nasional dan Perpusdes Pabukon saba Desa  berhasil menjadi Juara I tingkat Nasional pada tahun 2017, selain itu pengembangan dari perpusdes diadakan pula program keaksaraan fungsional juga meraih pula juara I tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014, Perpusdes pabukon Saba Desa juga mendapatkan bantuan beberapa sarana dari Perpusnas seperti 4 Unit komputer maka, pengelola perpusdes  akan membuat  juga ke program pendidikan yang berkaitan dengan Literasi Digital serta bimbingan penggunaan IT secara optimal untuk masyarakat bahkan para perangkat Desa, le,baga desa lainnya yang belum melek IT  sehingga terciptanya Desa Pintar  yang melek pada kemajuan teknologi begitu ungkap H.Odang Kusnadi selaku Kepala Desa Margamukti.

Oleh : Rohman Gumilar
Editor : Asep Jazuli
  


Previous Post Next Post