Desa Kadakajaya Resmikan BUMDes Kadaka Makmur



INSAN DESA INSTITUTE - Pemerintah Desa Kadakajaya Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang, menggelar peresmian BUMDesa Kadaka Makmur di Kantor Kepala Desa Kadakajaya, Kamis (06/02/2020).

Peresmian BUMDesa tersebut diresmikan oleh Kepala Desa Kadakajaya, Supendi, yang dihadiri langsung oleh Camat Tanjungsari Ida Farida Sobandi. Dalam rangkaian peresmian tersebut, juga dilaksanakan Lokakarya kewirausahaan yang di isi  oleh mahasiswa UNPAD yang sedang melaksanakan KKN di Desa Kadakajaya.



Dalam sambutannya Tahyudin selaku Ketua BUMDes Kadaka Makmur, walaupun Desa Kadakajaya sudah jauh ketinggalan oleh Desa lainnya dalam pendirian BUMDes  namun tidak menyurutkan tekadnya untuk membesarkan Bumdes dengan segenap kemampuan dan SDM yang ada walaupun baru bisa menjalankan beberapa jenis usaha yang bisa disinergikan dengan masyarakat juga UKM yang ada di Desa Kadakajaya, seperti adanya loket Resmi pembayaran Online, Payment Point Bank (PPOB) juga penyediaan ATK dan mungkin kedepannya akan diperluas lagi bentuk usahanya termasuk bidang jasa.

Supendi selaku Kepala Desa Kadakajaya juga optimis bahwa BUMDesnya akan maju apabila terus melakukan sinergi dengan semua pihak dan betul-betul jenis usahanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena BUMDes didirikan bisa dijadikan pilar kesejahteraan bagi masyarakat dan BUMDes didirikan atas dasar komitmen bersama masyarakat terutama ekonomi menengah ke bawah. Pemerintah Desa bersama BPD akan terus memonitor perkembangannya serta berusaha membantu mengembangkannya sehingga BUMDes ini bisa mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran warga di Desa Kadakajaya.

Camat Tanjungsari, Ida Farida Sobandi, ia tentunya merasa bangga selama kepemimpinannya di Kecamatan Tanjungsari apabila semua Desa bisa mewujudkan Pendirian BUMDes dan yang sudah berdiripun diharapkan bisa tumbuh pesat seperti halnya Desa Ponggok yang bisa mendongkrak PAD hingga ratusan juta rupiah dalam setahun. Hal ini membuktikan bahwa BUMDes merupakan bentuk lembaga ekonomi desa yang menjadi jembatan pendayagunaan ekonomi lokal dengan beragam jenis potensi yang ada di Desa, apalagi Desa Kadakajaya yang geografisnya berada di Perdesaan tentu sangat beragam potensi sumber daya alam terutama pada hasil bumi nah, kenapa tidak peluang dan potensi ini ditangkap oleh para pengelola BUMDes.

Tata Sutisana selaku ketua BPD Desa Kadakajaya tentu sangat mendukung adanya BUMDes Kadaka Makmur ini apalagi pra pembentukan BUMDes bisa terwujud, lembaga BPD bersama Pemerintahan Desa telah membuat produk hukum tentang Perdes BUMDes serta terus melakukan kordinasi dengan desa untuk membentuk para pengurusnya dan hal ini bukan perkara yang mudah karena kriteria pengurus harus masyarakat yang mempunyai jiwa sosial tinggi, akuntabel, tingkat pasrtisipasinya aktif, bisa bekerjasama dan tentunya punya jiwa kewirausahaan karena BUMDes akan menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

Oleh : ROHMAN GUMILAR, 2020
(Kontibutor Insan Desa Institute)




Previous Post Next Post