FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

Daftar BLT, Bansos dan Subsidi Pemerintah Agustus-Desember 2020


Pemerintah terus menghadirkan program bantuan langsung tunai (BLT) bantuan sosial hingga subsidi untuk membantu warga di tengah pandemi Covid-19 hingga Desember 2020.

Meski terdapat program bantuan yang harus ditunda karena membutuhkan waktu untuk melakukan verifikasi data penerima bantuan. Misalnya BLT bagi pekerja anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki upah di bawah Rp5 juta per bulan. Program ini terpaksa ditunda sebab Kementerian Ketenagakerjaan masih membutuhkan waktu untuk check list data.

Ilustrasi BLT, bansos atau subsidi dari pemerintah untuk warga Indonesia. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/aww.


Selain itu, pemerintah juga menyiapkan subsidi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), subsidi listrik, bantuan sosial melalui program Kartu Prakerja dan BLT Dana Desa.

BLT Upah BPJS Ketenagakerjaan Bantuan pemerintah untuk pekerja ini bakal disalurkan di akhir Agustus ini. Kementerian Ketenagakerjaan telah menerima data data 2,5 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menjadi calon penerima subsidi gaji atau upah. Data 2,5 juta calon penerima BLT Upah ini masuk dalam batch (tahap) pertama dari total 15,7 juta calon penerima bantuan subsidi upah.

"Jadi Bank Pemerintah dan Bank penyalur tersebut nanti akan ditransfer dipindahbukukan ke penerima program subsidi upah/gaji. Kami merencanakan batch pertama 2,5 juta, mudah-mudahan 2,5 juta itu minimal per minggu sehingga dari 15,7 juta itu datanya bisa masuk pada akhir September 2020 nanti, " kata Menaker Ida Fauziyah. BLT ini sebesar Rp600.000 per bulan yang akan diberikan selama empat bulan. Namun penyalurannya akan dilakukan dua kali yakni Rp1,2 juta di akhir Agustus dan tahap kedua penyaluran diperkirakan di akhir tahun ini.

Syarat Mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan:

  • Warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan;
  • Terdaftar sebagai peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dengan nomor kartu kepesertaan;
  • Pekerja/Buruh penerima Gaji/Upah;
  • Kepesertaan sampai dengan bulan Juni 2020;
  • Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan Gaji/Upah dibawah Rp5.000.000 sesuai gaji atau upah terakhir yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJS Ketenagakerjaan dan tercatat di BPJS Ketenagakerjaan; dan 
  • memiliki rekening bank yang aktif.

Baca selengkapnya di artikel "Daftar BLT, Bansos dan Subsidi Pemerintah Agustus-Desember 2020", https://tirto.id/f1sX

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643