Pandemi Covid-19, Kewenangan Desa, dan Tata Kehidupan Baru


INSANDESA.ID - Covid-19, yang kedatangannya tak diundang apalagi memberikan unjuk salam, menjadi salah satu penyebab mengapa tahun 2020 menjadi tahun yang akan dikenang sepanjang masa.
Pandemi Covid-19, Kewenangan Desa, dan Tata Kehidupan Baru

Bagaimana tidak, kehadiran pandemi covid-19 ini telah mengubah berbagai tatanan baik yang sudah berjalan maupun yang masih direncanakan. Covid-19 ini tidak hanya mengakibatkan krisis kesehatan, tetapi juga berdampak pada perekonomian.
Selain itu, yang lebih parah lagi adalah Covid-19 juga berdampak multisektor, multidimensi. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan, baik pada aspek politik & Pemerintahan, ekonomi, sosial, budaya, maupun nilai-nilai kehidupan. Berbagai dampak tersebut terjadi secara berkaitan dan tidak terprediksi sebelumnya, sehingga menyebabkan krisis multidimensi di seluruh dunia. Kondisi tersebut menjadi tantangan kompleks bagi semua negara di dunia agar dapat bertahan dan melampauinya. Hal ini memaksa banyak negara menyusun strategi, teknik, taktik yang berbeda dari pola sebelumnya, tidak terkecuali Indonesia.
Pandemi Covid-19 hadir menjadi teguran sembari menyiratkan pesan yang kuat bagi manusia untuk melihat kembali seperti apa dirinya selama ini dan bagaimana harus menghadapi situasi. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara hidup, relasi sosial, tata pemerintahan, dan perilaku pribadi akan diwujudkan selama pandemi? Bagaimana pula setelah pandemi? Apakah pola-pola hidup akan kembali ke masa sebelum pandemi ?.


Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post