Peluang Usaha Online di Tahun 2021

Semakin hari, semakin banyak orang yang terhubung dengan internet. Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna internet semakin meningkat dengan sangat signifikan. Dilansir dari tekno.kompas.com, data terbaru pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen. Hal tersebut dimuat dalam laporan terbaru yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social dalam laporan bertajuk "Digital 2021".

gambar ilustrasi : freepik.com


Perkembangan teknologi internet dengan jumlah pengguna yang semakin pesat, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masyarakat akan sangat tergantung penuh pada jaringan atau koneksi internet untuk melakukan berbagai macam hal maupun aktifitasnya, termasuk dalam sektor ekonomi kita sering mengenalnya dengan istilah ekonomi digital.

Istilah ekonomi digital, atau digital economy, memang tengah menyita perhatian dan banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya oleh para pengkaji di negara dengan ekonomi maju, namun juga di negara berkembang. Indonesia, pada khususnya, telah meluncurkan visi Ekonomi Digital Indonesia 2020 (Indonesia Digital Economy 2020), dengan tujuannya untuk membawa Indonesia menjadi negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Istilah ekonomi digital yang diperkenalkan oleh Don Tapscott merupakan salah satu publikasi paling awal yang menyinggung masalah ekonomi digital. Dalam tulisannya, Tapscott mendiskusikan bagaimana internet telah mengubah proses ekonomi, mulai dari sistem produksi, hingga pola transaksi. Melalui keberadaan internet, orang-orang dari seluruh dunia mampu dengan mudah terhubung tanpa penghambat apa pun, baik dari sisi ruang dan waktu. Hal ini tentunya membawa banyak keuntungan, dengan berkurang secara signifikannya biaya operasional, serta memperluas jangkauan pasar. Namun, untuk dapat memperoleh keuntungan yang besar tersebut, kita harus berbenah dan bersiap diri. Artinya, semua yang tidak mampu untuk beradaptasi akan tertinggal dalam pola ekonomi baru ini.

Dalam konteks ekonomi digital, meningkatnya jumlah pengguna internet tidak hanya akan membawa kesempatan yang menjanjikan, namun juga tantangan yang besar bagi bisnis. Di satu sisi, komunitas ekonomi digital akan mampu menciptakan pasar yang besar. Dapat dilihat bahwa semakin banyak sektor bisnis yang menggunakan media digital, terutama dalam strategi pemasaran.

Saat ini banyak sekali usaha yang bermunculan dan hilang dalam waktu yang tidak lama, karena tidak mampu bertahan dalam persaingan bisnis. Hal tersebut terjadi karena pemilihan jenis usaha yang tidak sesuai atau strategi yang digunakan kurang tepat. Banyak juga pebisnis yang mengganti usaha mereka untuk mengikuti pangsa pasar saat ini. Bisnis offline pun mulai digeser oleh usaha online yang lebih menguntungkan dan risikonya tidak terlalu tinggi.

Peluang bisnis online akan tetap menjadi usaha yang sangat menjanjikan penghasilan, bahkan untuk saat ini hingga waktu yang akan datang, mencari uang dari internet bukan hal yang baru dan tentunya tidak bisa dianggap remeh lagi akan profit dan keuntungannya.

Menyikapi kondisi seperti ini, tidak heran jika kemudian banyak sekali orang yang sudah mulai berpindah haluan dari jenis usaha offline menjadi bentuk bisnis online sebagai lahan mencari penghasilan di antaranya adalah:

  • Toko Online
  • Media Hiburan dan Informasi
  • Strategi Pemasaran atau Periklanan
  • Jasa atau Layanan Online

Selain dari 4 jenis bentuk bisnis online di atas, sebenarnya masih sangat luas dan beragam lagi macamnya peluang usaha yang bisa dilakukan dengan media internet. Maka dari itu, peluang bisnis online bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk pekerjaan era digital yang cukup menjanjikan hingga ke masa yang akan dating, seperti beberapa contoh Peluang Usaha Online yang dapat dicoba pada  tahun 2021 ini.

  1. Website Toko Online

Pada dasarnya membuat website untuk kegiatan jual beli ini cukup mudah dengan adanya CMS (Content Management System) yang sudah siap pakai dan disediakan oleh developernya. Jika ingin mencoba mengerjakan sendiri, kita bisa belajar dengan menggunakan platform blogger, wordpress, joomla, facebook, instagram ataupun prestashop sebagai wadah toko online. Untuk yang ingin lebih simple, cukup dengan memesan kepada jasa pembuatan web, kemudian kamu tinggal mengisinya dengan produk atau konten yang ingin dipasarkan.

2. Web developer

Walaupun keberadaannya sangat penting, namun tidak banyak orang yang bisa menjadi seorang web developer karena tingkat kerumitannya yang tinggi. Menjadi seorang web developer membutuhkan keahlian khusus yang membuatnya ahli merancang banyak kode dalam komputer dan menciptakan sebuah aplikasi. Bagi orang yang sudah memiliki skill ini, tentu saja bisa menjadikannya sebagai peluang usaha yang menjanjikan di Tahun 2021 ini, mengingat dunia digital dan keberadaan Internet sangat berperan penting dalam banyak bisnis dan perekonomian saat ini.

3. Media hiburan dan informasi digital

Radio dan media cetak sudah mulai tergusur secara perlahan, keduanya pun mulai diacuhkan oleh masyarakat karena hadirnya media informasi era digital yang begitu mudah didapat hanya dari sebuah gadget digenggaman.

Menyajikan informasi selayaknya memiliki sebuah stasiun TV pribadi sangat mudah dilakukan pada jaman internet sekarang ini. Siapapun bisa belajar membuat website untuk berbagi berita dengan menggunakan platform CMS yang dikuasai. Seorang blogger adalah istilah paling populer untuk menyebut mereka yang menekuni kegiatan online dengan membuat atau menyajikan beragam informasi seperti blog insandesa.id ini.

Blog merupakan sumber informasi yang saat ini paling mendominasi di internet karena ditulis oleh orang yang memang menguasai bidangnya dan tahu bagaimana cara menyampaikannya.Tadi sudah disinggung bahwa blog bisa di ibaratkan sebuah media yang menjadi rujukan untuk memperoleh informasi, maka jika banyak pembaca singgah di blog yang kita kelola, inilah aset berharga sebagai sumber penghasilan nantinya.

Blog bukan hanya menjadi tempat menulis artikel, melainkan juga tempat Anda menghasilkan uang. Untuk bisa mendapatkan uang dari blog dengan berbagai cara, dari endorsement hingga Google AdSense.

Itu hanya salah satunya, masih ada banyak lagi sumber pendapatan yang bisa dihasilkan dari blog seperti program affiliasi terbaik, review, atau bahkan kontes, dengan catatan bahwa blog tersebut sudah memiliki kunjungan yang banyak setiap harinya. Jadi tugas paling berat seorang bloger terletak pada bagaimana ia dapat membawa pembaca sebanyak mungkin untuk bisa singgah di blog tersebut.

Untuk membuat blog atau website langkah pertama yang harus kita persiapkan adalah membeli hosting dan domain. Penyedia hosting dan domasin yang sedang popular saat ini salah satunya adalah Exabytes Indonesia 

4. Freelance Writer

Untuk mendapatkan banyak pengunjung pada situs website,  biasanya diperlukan postingan artikel untuk menarik para pembaca. Tidak semua orang  pandai menulis artikel yang kreatif dan menarik. Hal ini merupakan peluang bagi seseorang yang memiliki kemampuan menulis untuk menjadi seorang freelance writer. Anda yang memiliki kemampuan menulis dan peka terhadap lingkungan sekitar berpotensi untuk mendapatkan pekerjaan ini. Anda bisa menjadi penulis artikel freelance yang bekerja secara online dan mendapatkan penghasilan. Jika sudah mahir sebagai freelancer, Anda bisa mempromosikan diri secara online dan menjadikannya sebagai peluang bisnis.

5. Copywriter

Pemasaran produk secara online selalu mengandalkan bentuk visual dari iklan yang digunakan. Untuk menarik seorang pembeli, pemasaran tersebut haruslah menarik dan bersifat persuasif. Oleh karena itu, banyak iklan yang berupa gambar disertai dengan tulisan-tulisan untuk membujuk calon pembeli. Disinilah diperlukan seorang copywriter yang bertugas untuk menulis kalimat tersebut. Bagi yang memiliki bakat menulis kalimat-kalimat persuasif atau ajakan, peluang ini bisa Anda jadikan bisnis online yang menguntungkan. Cukup menulis beberapa kalimat indah pada sebuah produk, Anda sudah bisa menghasilkan uang.

6. Desain Grafis

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan sebuah logo yang unik dan bisa menggambarkan perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga membutuhkan beberapa gambar yang mendukung usaha mereka. Banyak perusahaan yang kesulitan membuat logo mereka sendiri sehingga perlu untuk membelinya dari seorang penyedia jasa desain grafis. Usaha online desain grafis memiliki peran penting dalam memajukan sebuah perusahaan. Usaha ini bisa Anda jalankan dengan modal yang tidak banyak dengan risiko yang kecil.

7. Photographer

Photographer sebenarnya adalah usaha yang tidak akan lekang oleh waktu termasuk di masa depan. Jenis usaha fotografi di masa mendatang bukan hanya untuk kebutuhan acara-acara tertentu saja, namun beragam. Anda dapat menawarkan jasa Anda untuk fotografi produk toko online, atau Anda dapat menawarkan untuk kebutuhan iklan, dan juga foto untuk bisnis kuliner. 

8. Videograper

Saat ini hampir semua materi informasi tersedia dengan bentuk audio visual. Bahkan dengan berkembangnya Chanel YouTube saat ini menjadikan kebutuhan audio visual seperti video semakin tinggi. Anda dapat menawarkan jasa Anda kepada new-entry YouTuber atau untuk keperluan korporasi dan event-event. Jika Anda memiliki kemampuan video editing, Hal tersebut menjadi nilai tambah pada usaha Anda.

9. Youtuber

Youtube merupakan platform social media yang berbasis video dalam durasi yang bervariasi. Sekarang ini, fungsi youtube bahkan bukan saja social media, tetapi menjadi alat untuk menghasilkan banyak uang dari internet. Istilah youtuber pun muncul sebagai sebutan bagi para pebisnis youtube yang pekerjaanya hanya memposting konten video dan menjadikanya landing untuk meraup hingga puluhan juta rupiah (dengan memasang iklan).

Beberapa  peluang usaha online di atas memang terlihat mudah dan menguntungkan. Namun untuk mewujudkannya perlu didukung oleh Ilmu, keahlian, keuletan, konsistensi, dan kreatifitas yang kita miliki.

Post a Comment

Sampaikan Komentar Anda Disini....

Previous Post Next Post