FmD4FRX3FmXvDZXvGZT3FRFgNBP1w326w3z1NBMhNV5=
items

PERAN PEREMPUAN NU DALAM PEMBANGUNAN DESA

Kerja mulia membangun desa dan desa membangun tidak mungkin dilakukan sendirian oleh Pemerintah. Dibutuhkan dukungan dan partisipasi seluruh kelompok masyarakat, termasuk Perempuan Nahdlatul Ulama. Dalam konteks NU, partisipasi dalam Pembangunan Desa mengandung tanggung jawab sosial yang sangat besar karena warga NU mayoritas tinggal di perdesaan, dan secara sosial ekonomi masih sangat membutuhkan pemberdayaan.

Hadirnya program Pembangunan Desa yang dikelola dan dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Desa bersama masyarakat desa, merupakan peluang yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga NU untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya bersama dengan warga desa lainnya.





Peluang Perempuan NU terlibat aktif dalam Pembangunan Desa sangat terbuka lebar, baik di dalam struktur Pemerintahan Desa maupun di luar. Lebih-lebih banyak Perempuan NU yang memiliki posisi dan peran penting di tengah masyarakat desa, baik sebagai Pengasuh Pesantren, Ustadzah, Muballighah, Pimpinan Ormas dan OKP, dan tokoh masyarakat.

Peran nyata yang dapat dilakukan oleh Perempuan NU dalam Pembangunan Desa diantaranya: 

  1. Memberikan landasan keagamaan bahwa Pembangunan Desa adalah suatu ibadah jika niatnya untuk kebaikan dunia dan akhirat.
  2. Mengajak masyarakat untuk mendukung dan ikut serta dalam pembangunan desa, melalui berbagai forum keagamaan seperti pengajian, tahlilan, dan sebagainya. 
  3. Menjadi Perangkat Desa atau Badan Permusywaratan Desa, atau aktif dalam Lembaga Kemasyarakatan Desa melalui proses rekruitmen oleh Desa.
  4. Menjadi tenaga pendamping desa melalui proses rekruitmen terbuka yang diselenggarakan Pemerintah.
  5. Berperan aktif dalam Musyawarah Desa khususnya dalam perumusan RPJM Desa, RKP Desa dan APB Desa.
  6. Berperan aktif dalam pemberdayaan ekonomi desa melalui BUMDesa.
  7. Membangun sinergi dengan elemen masyarakat desa lainnya dalam mengawasi penggunaan dana desa.

0/Post a Comment/Comments

73745675015091643